Kolam Renang Ditukar Jadi Butik Cantik

on 01 Mei 2014


Arkitek Nobuo Araki dari The Archetype baru saja selesai merenovasi sebuah fasiliti berupa kolam renang di lantai atau tingkat dasar gedung apartment Tokyo. Kolam renang di apartment yang berasal dari tahun 1970-an ini sudah tidak lagi digunakan.

Padahal, ruang tersebut boleh dimanfaatkan kembali untuk berbagai keperluan lain, termasuk ruang komersial. Bagi Araki, ini kesempatan emas. Dia pun hanya mengubah sedikit untuk mendapatkan tampilan ruang yang jauh berbeda.


Araki telah "dengan lembut" memperbarui fasilitas tersebut. Pertama-tama, dia dan pasukannya memastikan sinar matahari yang boleh masuk ke dalam fasilitas ini jumlahnya cukup banyak. Mereka menggunakan plafon kaca untuk merealisasikannya.

Kemudian, hal lain yang paling terlihat adalah memoles keramik di dalam fasilitas tersebut. Tampilannya tidak lagi kusam seperti sebelumnya.

Araki tidak mengubah banyak hal. Bentuk ceruk kolam yang ada di dalam fasilitas ini dibiarkan begitu saja. Ia hanya menambahkan tangga yang lebih besar agar bagian dalam kolam boleh diakses dengan mudah. Selain itu, untuk menyamakan tinggi permukaan kolam, Araki dan timnya menutup sebagian lantai dengan kaca.


Araki menambahkan semacam paip besi menyerupai tangga eksisting yang ada di kolam renang untuk menggantung lemari-lemari etalase. Paip yang sama namun menggantung dari plafon pun dimanfaatkan sebagai gantungan baju.

Fasilitas yang berada di Minato Ward, Tokyo, Jepun ini memiliki luas 161,4 m2. Dalam cetak biru, tampak bahwa Araki tidak hanya menyediakan ruang pamer untuk butik, namun juga satu fitting room dan dua ruang penyimpanan stok.
Ranking: 5

{ 2 komen... read them below or add one }

Billy berkata...

Gue amat terinspirasi nih. Wow hebat!


Jumaat, Mei 02, 2014
Azad Azlan bin Othman berkata...

Ya.. Gambar yang betul-betul memberi ilham kepada saya. Terbaik...


Khamis, Mei 22, 2014

Catat Ulasan

Arkib Blog

 
© borak kosong All Rights Reserved