Ini dia Foto Selfie Pertama di Dunia

on 04 April 2014

Selfie atau memotret diri sendiri sedang trend seiring populariti smartphone. Tentu saja sudah sejak dulu foto jenis selfie eksis. Malah menurut penelitian sejarah, foto selfie pertama di dunia dilakukan lebih dari satu abad silam.

Menurut penelitian yang detikINET kutip dari Huffington Post, Khamis (3/4/2014), selfie pertama dilakukan pada Oktober 1893 oleh lelaki bernama Robert Cornelius. Robert  asal Amerika Syarikat yang termasuk sosok pionir di bidang fotografi.

Suatu ketika, ia berniat mengambil foto diri sendiri dengan teknik fotografi awal bernama Daguerreotype. Teknik ini diciptakan Louis Daguerre, seorang pria asal Perancis.

 Robert mengambil foto dirinya sendiri yang disebut-sebut sebagai selfie pertama di dunia. Kerana masih rumitnya proses fotografi kala itu, Cornelius perlu waktu 3 sampai 15 minit dalam posisi diam agar kamera menangkap gambar dengan baik.

Sudah tentu gaya selfie Cornelius biasa saja, cenderung formal. Tidak seperti tren selfie masa kini dengan bermacam-macam gaya. Cornelius sendiri kemudian cukup serius mendalami fotografi, bahkan sempat membuka studio foto. 

Selain foto Cornelius, ada lagi foto selfie masa lalu yang juga dianggap salah satu yang tertua. Yakni foto Grand Duchess Anastasia Nikolaevna di tahun 1914, di mana dia mengambil diri sendiri di depan cermin.








Ranking: 5

{ 0 komen... read them below or add one }

Catat Ulasan

Arkib Blog

 
© borak kosong All Rights Reserved