Saingan Barbie, Boneka Ini Didesain Mirip Anak Perempuan Sebenarnya

on 25 November 2013

Boneka Barbie yang kerap dikritik kerana penampilannya tidak mirip wanita atau anak perempuan pada umumnya punya saingan. Sebuah perusahaan yang berbasis di Ireland, merilis boneka dengan bentuk mirip anak perempuan di dunia nyata, tanpa make-up dan tidak memakai high heels.

Perusahaan bernama Arklu itu meluncurkan koleksi boneka untuk anak berusia 3-9 tahun. Sebelum merilis boneka tersebut, Arklu mengklaim melakukan riset pasar terlebih dulu. Dari riset itu ditemukan, 50% orangtua meyakini mainan anak-anak mereka turut andil dalam perkembangan anak ke depannya, termasuk dalam pilihan pendidikan, karir dan gaya hidup.

Seperti dikutiip Mail Online, 92% orangtua juga merasa mainan boleh berkontribusi dalam perbedaan gender. Dan 93% orangtua yang disurvei Arklu mengatakan, mainan seharusnya mendorong anak perempuan menjadi lebih maju dalam hal pendidikan.

Berdasarkan riset tersebut, Arklu merasa belum ada mainan yang memenuhi kriteria orangtua tersebut. Mainan di pasaran sebagian besar diciptakan sesuai gender seperti berwarna pink dan berbentuk putri raja identik untuk anak perempuan atau warna biru untuk anak laki-laki dan didesain mendorong mereka untuk menjadi lebih macho, sporty dan ilmiah.

Menjawab kebutuhan orangtua akan mainan yang dibuat tidak berdasarkan steoretipe gender itulah Arklu meluncurkan enam rangkaian boneka berbentuk anak perempuan. Boneka dengan harga masing-masing 16,99 poundsterling itu dibuat untuk mendorong anak perempuan menjadi pintar, berani berpetualangan dan melakukan apa yang pria lakukan.

Beberapa dari boneka buatan Arklu ini terinspirasi dari pahlawan wanita di dunia nyata yaitu Pirate Queen. Pirate Queen yang dikisahkan hidup di abad 16 di Irlandia, menolak peran tradisional seorang wanita. Ada juga boneka bertema Robot yang mendorong anak menjadi ilmuwan dan inovatif. Boneka bertema robot ini terinspirasi dari kisah anak delapan tahun asal AS, Allie Weber. Allie merupakan anak yang mencoba menciptakan robot dari barang-barang bekas rumah tangga untuk pekan seni di sekolahnya.

Ranking: 5

{ 0 komen... read them below or add one }

Catat Ulasan

Arkib Blog

 
© borak kosong All Rights Reserved