Gara-gara iPad, Lelaki Ini 'Paksa' Keluarganya Hidup 1 Tahun Tanpa Gadget

on 30 November 2013

Pada zaman sekarang ini tak terbayangkan bagaimana rasanya hidup tanpa gadget dan internet. Namun sebuah keluarga di Kanada memutuskan untuk melepaskan gadget dan internet selama setahun. Mereka menjalani hidup seperti pada tahun 80-an.

Keputusan keluarga yang tinggal di Guelph, Kanada ini berawal dari sang pemimpin yaitu Blair McMillan. Tahun lalu, pada satu hari di musim panas, Blair bertanya pada putranya yang berusia lima tahun, apakah dia ingin pergi keluar untuk bermain. Tawaran tersebut ditolak sang anak yang memilih tetap berada di dalam rumah dan bermain games di iPad.

Sikap anaknya itu membuat Blair sedih. Dia ingat bagaimana dulu saat anak-anak dan betapa kini anak-anak sudah berubah, menjadi sangat ketergantungan pada teknologi modern seperti komputer, ponsel dan internet. Pria 26 tahun itu pun mengobrol dengan anak-anak remaja lain di daerahnya. Dari obrolan itu anak-anak zaman sekarang mengakui mereka tidak boleh membayangkan bagaimana hidup tanpa seluruh gadget. Mereka pun kurang menyukai saran pemerintah yang meminta orangtua mendorong anak-anak mereka untuk lebih aktif di luar rumah setidaknya 30 menit sehari.

Keadaan di atas membuat Blair prihatin. Dia ingat bagaimana dulu saat anak-anak, sangat betah main di luar rumah. Dia pun jadi berpikir, bagaimana jika semuanya kembali ke masa lalu dan memberikan anak-anaknya kesempatan mencoba bagaimana masa kecilnya dulu.

Sejak April 2013 lalu, Blair pun mulai bereksperimen. Dia 'memaksa' keluarganya untuk melepaskan semua gadget dari hidup mereka dan kembali hidup seperti tahun 1986 (tahun ketika Blair dan istrinya lahir). Eksperimen ini dilakukan sampai April 2014 mendatang.

Sekarang, Blair dan keluarganya tidak lagi memiliki koneksi internet di rumah ataupun berlangganan saluran televisi yang memiliki tayangan 24 jam. Mereka kembali menggunakan televisi yang umumnya dipakai di tahun 80-an. Untuk mendengarkan musik, mereka juga memakai alat penyetel kaset.

Semua jenis ponsel dan gadget dilarang hadir di rumah Blair. Urusan surat-menyurat yang biasanya dilakukan melalui email, kembali ke cara tradisional yaitu melalui pos. Saat berpergian, mereka juga menggunakan peta kertas bukan alat navigasi seperti GPS yang banyak terpasang di mobil masa kini. Untuk mengabadikan berbagai momen keluarga, mereka juga kembali memakai kamera analog.
Ranking: 5

{ 0 komen... read them below or add one }

Catat Ulasan

Arkib Blog

 
© borak kosong All Rights Reserved