Ini Dia iPhone 4 Yang Meledak dan Membakar Jaket Penggunanya

on 19 September 2013

iPhone 4 meledak lagi. Kali ini, peristiwa iPhone meledak kembali terjadi di Chinasaat di-charger semalaman. Pemiliknya,  Zhang Jian, terkejut saat mendengar suara ledakan dan mencium bau hangus plastik dari iPhone yang sedang diisi daya bateri.

Kerana itu, Zhang Jian berencana untuk membuat komplain online apabila ia tidak mendapatkan kepuasan dari tanggapan Apple China, setelah smartphone miliknya itu meledak saat melakukan proses pengisian daya baterai. Diketahui iPhone yang meledak tersebut membuat jaket miliknya terbakar.

Padahal, iPhone 4 yang di-charge ini menggunakan perangkat charger dan kabel data pabrik (bawaan). Peristiwa ledakan iPhone ini terjadi pada Rabu lalu di Zhuzhou, provinsi Hunan, China.

Ketika itu, Zhang tidur dari pukul 21.30 waktu setempat (Selasa). Sekira pukul 06.30 (Rabu), ia terbangun karena suara ledakan nyaring dan mencium bau benda plastik terbakar. Ia menemukan iPhone miliknya telah mengeluarkan asap hitam.

"Saya mencabut steker listrik segera, tetapi telefon terlalu panas. Saya menunggu sekira lima menit, ada lubang di jaket rompi saya di bawah telepon," kata Zhang.

Bahagian atas iPhone terlihat ada celah besar dan memperlihatkan jeroan iPhone 4 yang gosong kerana terbakar. Bahagian hangus boleh disaksikan di sisi atas serta di bahagian bateri.

Zhang menghubungi Apple China pagi hari setelah kejadian tersebut. Staf teknik meminta Zhang untuk mengirimkan gambar iPhone yang rosak tersebut dan memintanya untuk menunggu khabar dalam dua hari. Akan tetapi, tidak ada informasi yang diterima Zhang atas keluhannya tersebut.

Saat Zhang membawa ke toko reparasi Apple terdekat, ia mendapatkan keterangan bahwa dugaan ledakan smartphone ini muncul kerana kebocoran air (water leak) dalam telefon. Zhang khabarnya kecewa lantaran iPhone miliknya yang sebelumnya oleh pihak toko boleh diganti dengan yang baru keesokan harinya, tetapi nyatanya tidak.

iPhone Meledak Di China
iPhone 4 milik Zhang yang terbakar dan meledak
General Manager toko reparasi mengungkapkan, pihaknya hanya menyediakan layanan pemeliharaan untuk kerusakan ringan. Selain itu, pelanggan bisa membayar untuk perbaikan jika perangkat berada di luar masa garansi.

"Ponsel Zhang rusak dengan cara tidak normal, yang berada di luar ruang lingkup pelayanan kami dan dia perlu untuk menghubungi hotline Apple China," kata Yi, General Manager toko reparasi di China.

Kasus meledaknya iPhone ini bukan kejadian pertama kali di China, sebelumnya dikabarkan Wang Kai dari Chongqing, menemukan iPhone miliknya terbakar pada 9 Juli. Kai terbangun dari tidurnya ketika iPhone miliknya secara spontan terbakar dan menghanguskan karpetnya.

Tidak hanya itu, pada 8 Juli, seorang pria berada dalam keadaan koma di Beijing setelah tersengat listrik saat pengisian iPhone 4. Pada pertengahan Juli, seorang wanita pramugari berusia 23 tahun dilaporkan meninggal saat menerima panggilan telefon ketika iPhone 5 tengah di-charge. Penyelidikan menduga bahwa wanita asal China itu tewas akibat tersengat elektrik.
Ranking: 5

{ 0 komen... read them below or add one }

Catat Ulasan

Arkib Blog

 
© borak kosong All Rights Reserved