Pramugari Dipecat Akibat Facebook

on 12 Ogos 2013

Para pegawai kini harus berhati-hati kalau menggunakan Facebook. Sebab Facebook kini boleh jadi alat bukti untuk mengetahui apakah seorang karyawan benar-benar sakit atau membolos saat tidak masuk kerja. Hal ini sudah dilakukan sebuah syarikat penerbangan di New Zealand.

Air New Zealand mengharuskan pramugarinya menyerahkan salinan halaman Facebook dan juga catatan akaun bank. Kedua hal tersebut harus diserahkan untuk membuktikan apakah benar sang pramugari tidak masuk kerana cuti sakit seperti yang dikatakannya.

Perlakuan di atas dialami pramugari Air New Zealand bernama Gina Kensington. Kensington kini sudah dikeluarkan setelah mengambil cuti sakit saat harus menjaga saudari kandungnya pada March 2013 lalu.

Kensington membawa kasus pemecatannya ini ke Employment Relations Authority. Ia merasa permintaan perusahaan menyerahkan salinan halaman aktivitas di Facebook dan catatan akaun bank tidak harus dilakukannya. Dia merasa dua hal tersebut adalah bagian dari privasi.

Namun ternyata pihak ERA setuju dengan permintaan Air New Zealand. Menurut mereka data tersebut boleh menjadi hal relevan untuk membuktikan apakah memang Kensington menjalani cuti sakit atau tidak.

Sebelumnya seorang lelaki bernama Bruce Taipa juga pernah mengalami kasus serupa. Dia dipecat karena mengaku sakit namun ternyata di halaman Facebooknya ada foto dia tengah ikut karnaval naik kano di Rotorua, New Zealand.
(AAP, Daily telegraph
Ranking: 5

{ 0 komen... read them below or add one }

Catat Ulasan

Arkib Blog

 
© borak kosong All Rights Reserved