Malu Pada Penampilan, 46% Wanita Edit Foto Sebelum Dipamerkan di Facebook

on 12 Julai 2013

img
Dok. Thinkstock
Facebook menjadi situs jejaring sosial paling popular saat ini. Sehingga tidak hairan setiap orang yang memiliki akaun di Facebook, menaruh foto terbaik di profil mereka agar tampak menarik perhatian.

Demi mendapatkan penampilan terbaik ini, tidak sedikit orang yang melakukan pengeditan foto sebelum mengup loadnya ke Facebook. Survei terbaru menunjukkan 46% wanita mengedit foto mereka sebelum memajangnya di situs jejaring sosial tersebut. Hal ini mereka lakukan agar terlihat lebih cantik dan menunjukkan bahwa mereka cukup menarik dari wanita lainnya. 

Penelitian yang dilakukan oleh Dove ini melibatkan 500 wanita. Dari survei itu terungkap, sembilan dari sepuluh wanita mengaku menjadi lebih pemalu untuk foto dan mempamerkan gambar mereka di situs jejaring sosial. Sebab, mereka merasa tak cukup cantik, tak menarik dan terlihat gemuk.

Ironisnya, erana rasa tak percaya diri itu, justru menyebabkan mereka malas mengabadikan momen-momen penting. Mereka lebih memilih tidak foto ketika sedang kumpul bersama teman, liburan, dan sebagainya.

"Kita tahu bahwa wanita itu kritis terhadap diri mereka yang menyangkut dengan penampilan. Hal ini boleh berpengaruh pada rasa percaya diri hingga kebahagiaan mereka," ungkap juru bicara Dove, yang melakukan penelitian ini, seperti dikutip dari Daily Mail.

Sementara sepertiga responden lainnya mengaku mulai tak percaya diri dengan diri mereka saat berusia 11 hingga 20 tahun. Namun, 55% wanita mengaku mereka lebih tak percaya diri saat ini ketimbang 10 tahun lalu. Bahkan beberapa di antara mereka mengaku telah menghapus foto-fotonya kerana menganggapnya tak menarik.
Ranking: 5

{ 0 komen... read them below or add one }

Catat Ulasan

Arkib Blog

 
© borak kosong All Rights Reserved