Waspada, Virus Misterius Asal Timur Tengah Ini Lebih Mematikan dari SARS

on 23 Jun 2013

Sebuah virus gangguan pernafasan di Timur Tengah yang gampang berpindah dari orang-orang ditemukan dan lebih mematikan dari SARS. Demikian sejumlah dokter melaporkan, Rabu minggu ini, setelah melakukan investigasi berjangkitnya virus itu di Arab Saudi.
AP
Dilansir Yahoo News!, lebih dari 60 kasus kini terjadi akibat terjangkit virus yang disebut dengan nama MERS termasuk 38 orang meninggal dan sudah terdokumentasi di World Health Organization (WHO) pada tahun lalu di Arab Saudi.
Sejauh ini, penyebaran penyakit ini belum menyebar cepat seperti saat SARS pada tahun 2003 yang menyebar secara global dan menewaskan 800 orang. Sebuah tim dokter internasional yang meneliti sedikitnya 24 kasus di sebelah timur Arab Saudi.
Menurut tim tersebut, virus ini bekerja seperti SARS. Namun, tidak seperti SARS, para peneliti masih saling bertengangan untuk mengetahui di mana asal muasal MERS tersebut.
Satu hal yang mengerikan, tim ini menyatakan MERS (Middle East respiratory syndrome) tidak hanya berjangkit dengan mudah di antara orang-orang namun juga bisa menyebar di dalam RS. Mirip dengan SARS.
“Bagi saya, ini seperti cara kerja SARS,” demikian kata Dr. Trish Perl, seorang ahli epidemiologi senior di Johns Hopkins Medicine, yang merupakan bagian dari tim dokter tersebut. Laporan ini dipublikasikan di New England Journal of Medicine.
Ranking: 5

{ 0 komen... read them below or add one }

Catat Ulasan

Arkib Blog

 
© borak kosong All Rights Reserved