Tok Sami Jalani Hidup Mewah Tuai Kontroversi

on 20 Jun 2013

Unic29 - Biksu
Sosok biksu atau tok sami dikenal dengan menganut ajaran kehidupan yang sederhana dan menjauhi duniawi. Namun baru-baru ini sebuah video menunjukkan hal sebaliknya dilakukan oleh biksu di Thailand. Di sana tampak dua biksu menjalani hidup kalangan jetset.
Dilansir wowkeren, Dalam rakaman berdurasi 2 menit 47 detik tampak dua biksu duduk di dalam pesawat pribadi. Namun mereka mengenakan sunglass aviator, earphone yang terhubung ke iPod dan memiliki tas Luis Vitton. Alhasil, rekaman yang diunggah ke YouTube itu menuai kontroversi di publik.
Kini pemerintah Thailand sedang melakukan investigasi terhadap para biksu di negara mereka. Baru saja diketahui bahwa biksu penumpang jet mewah itu berasal dari kuil Khantitham di provinsi Sisaket. Namun belum diketahui mereka terbang kemana dan untuk tujuan apa.
Badan Nasional Buddha Thailand mengakui telah menonton video tersebut dan mengeluarkan teguran. Mereka dianggap bertindak tidak layak dan tidak mematuhi ajaran Buddha untuk tetap sederhana serta menahan diri. Namun Badan Nasional tetap enggan mengungkap informasi detil insiden ini.
“Kami dapat menjelaskannya namun tidak sekarang,” ucap Nopparat Benjawatananun. “Para biksu tersebut telah diperingatkan untuk tak mengulang perbuatan tersebut. Saat ini mereka sedang berada di Perancis untuk tur religi.”
Thailand memiliki populasi beragama Buddha terbesar di dunia yang menerapkan doktrin melalui berbagai cara, termasuk melarang penjualan alkohol selama hari libur keagamaan. Namun sering terjadi pelanggaran, contohnya tahun lalu saja ada 300 dari 61.416 biksu yang ditegur karena terlibat alkohol, hubungan seks sampai pemerasan. Selain itu juga pengaduan adanya biksu yang mengendarai mobil dan tuduhan penggunaan ilmu hitam.
Ranking: 5

{ 0 komen... read them below or add one }

Catat Ulasan

Arkib Blog

 
© borak kosong All Rights Reserved