Berapa Ukuran Normal Payudara Wanita?

on 07 Mei 2013



Salah satu bagian tubuh yang cukup vital dalam menunjang penampilan wanita adalah bagian payudara. Tak heran bila banyak wanita yang berusaha untuk memperbesar asetnya tersebut. Sebelum minder dengan ukuran payudara Anda, ketahui dulu ukuran payudara yang normal.

"Ukuran payudara normal itu 250 sampai 350 CC," ujar dr. Asrofi S. Surachman, SpBP-Re, Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Indonesia (PERAPI), dalam acara Temu Media 'Keselamatan Pasien dalam Bedah Plastik: Apa yang Harus Dicermati dalam Memutuskan Tindakan Bedah Plastik?', di Gran Melia Hotel, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Kamis (2/5/2013).

Hal yang sama juga diamini oleh dr. Lisa Hasibuan, SpBP (K), dokter spesialis bedah plastik dari RS Hasan Sadikin, Bandung. Menurutnya, rata-rata wanita memang memiliki ukuran masing-masing payudara sebesar 250-350 CC. Namun normal tidaknya bergantung pada proporsi tubuh masing-masing.

"Banyak yang minta dibesarkan (payudaranya) dengan ukuran sangat besar (melebihi normal). Biasanya kita kasih pengertian, disamakan persepsinya. Jadi tidak memberikan harapan terlalu tinggi," tambah dr. Lisa.

Besar kecilnya payudara wanita sebenarnya dipengaruhi oleh banyak hal. Seperti dikutip dari Mysecrethealth, ada beberapa faktor yang mempengaruhi ukuran payudara seseorang, yaitu:

1. Keturunan
Faktor keturunan memainkan peranan yang cukup besar dalam menentukan ukuran payudara. Biasanya hal ini ditentukan dari ukuran payudara sang ibu. Tapi tidak semua anak memiliki ukuran payudara yang sama dengan ibunya, karena faktor lain juga turut mempengaruhi.

2. Usia
Payudara adalah organ yang sangat dinamis dari tubuh manusia, hal ini berarti ukurannya mengalami perubahan terus menerus sepanjang usia orang tersebut. Payudara remaja yang baru masuk masa pubertas cenderung kecil, tapi akan tumbuh seiring pertambahan usia.

Jika sejak muda sudah menggunakan bra yang tepat, maka payudara akan tumbuh dengan baik. Namun jika sudah tua, maka ligament Cooper sudah kehilangan kekuatannya yang membuat payudara menurun dan mengurangi ukurannya.

3. Menstruasi
Ukuran payudara akan sedikit mengalami perubahan selama siklus menstruasi. Perubahan ukuran dari payudara ini biasanya disertai dengan perubahan bentuk puting dan areolanya.

4. Kehamilan
Selama hamil ada beberapa perubahan dalam ukuran payudara dan sebagian besar perubahan ini menjadi permanen. Payudara akan meningkat dan menunjukkan peningkatan ukuran cup. Beberapa perempuan mengalaminya saat kehamilan pertama, tapi ada juga yang mengalaminya setiap kali hamil.

5. Diet
Beberapa makanan mengandung zat tertentu yang bisa meningkatkan ukuran payudara seperti kedelai, ginseng, akar dandelion dan semua biji-bijian adas. Karenanya beberapa perempuan yang sering mengonsumsi makanan ini kemungkinan memiliki payudara yang lebih besar.

6. Kenaikan dan penurunan berat badan
Setiap terjadi perubahan berat badan secara keseluruhan, maka akan mengubah ukuran payudaranya juga. Perubahan ini umumnya bersifat reversible, dalam arti akan kembali ke ukuran aslinya.

7. Penyakit
Beberapa penyakit bisa mempengaruhi ukuran payudara menjadi lebih kecil atau justru membesar. 8. Olahraga
Olahraga dapat mempengaruhi ukuran payudara. Salah satunya adalah bentuk latihan yang bekerja langsung terhadap otot dada yang mendasari jaringan payudara dan membantu mengencangkan payudara. Selain itu yoga dan terapi Ayurvedic juga mempengaruhi ukuran payudara.
Ranking: 5

{ 0 komen... read them below or add one }

Catat Ulasan

Arkib Blog

 
© borak kosong All Rights Reserved