Tentera Amerika Sudah Memiliki Pakaian Tembus Pandang?

on 12 Disember 2012


Teknologi pakaian atau material tembus pandang selama ini mungkin cuma menjadi sebatas khayalan kita semua. Tapi sebagai negara yang menempatkan pasukannya di berbagai lokasi konflik di dunia, Amerika mungkin menjadi negara pertama yang akan menemukan material impian para tentara tersebut, atau mungkin malah sudah.
Contoh konsep dari teknologi tembus pandang yang ditunjukan oleh Hyperstealth Biotechnology Corp
Material tembus pandang, seperti kain ajaib yang dipakai oleh Harry Potter, memang tampak seperti sesuatu yang mustahil ditemukan. Padahal, walaupun ilmu pengetahuan pendukungnya memang masih sedikit yang kita kehatui, teknologi ini sebenarnya tidak sebatas khayalan semata.
Contoh pendekatan yang populer saat ini adalah dengan menggunakan layar yang menutupi suatu objek. Dengan menggunakan kamera yang mengambil pemandangan dibalik objek tersebut, maka seakan-akan objek tersebut tampak seperti tembus pandang. Contohnya seperti iklan salah satu produsen kereta ini. Tapi cara seperti ini dirasa "kasar" dan tidak efisien.
Pendekatan yang dinilai paling efisien adalah dengan menggunakan teknik pembelokan cahaya. Tapi tentu saja, kita belum mengetahui bagaimana cara mengaplikasikan teori tersebut kedalam permukaan material tertentu. Tapi ilmuwan terus mencoba, dan sayangnya, sejauh ini belum ada hasil penelitian yang memuaskan, kecuali untuk penggunaan di dalam air. Tapi benarkah tak satupun ilmuwan yang berhasil menemukan teknologi ajaib tersebut?
Mengingat betapa penting dan bergunanya teknologi ini untuk keselamatan para tentara, Amerika, atau lebih tepatnya sebuah perusahaan Kanada yang bekerjasama dan mendapat dana dari pihak militer Amerika, Hyperstealth Biotechnology Corp, adalah satu perusahaan yang mungkin paling serius dalam mewujudkan teknologi tersebut.
Bahkan, yang mengejutkan, CEO perusahaan tersebut, Guy Cramer, mengaku jika material tembus pandang itu sudah dapat dilihat! Atau dalam kasus ini, mungkin lebih tepat jika kita bilang tidak dapat dilihat.
"Dua grup terkomando terpisah dari Amerika dan dua grup militer Kanada terpisah termasuk Tim Federeal Emergency Response (Anti Terorisma) telah melihat material tersebut sehingga mereka bisa memastikan bahwa saya tidak hanya memanipulasi foto-foto dan video hasilnya.
Grup-grup ini kini mengetahu bahAwa benda itu dapat bekerja, dan tanpa memerlukan kamera, bateri, cahaya atau cermin...Benda ini ringan dan tidak terlalu mahal. Baik pihak militer AS maHupun Kanada telah memastikan bahAwa benda ini juga tetap bekerja meskipun dilihat oleh teropong infra merah militer dan lensa termal," ujar Cramer kepada CNN.
Tapi mengingat pentingnya kerahsiaan projek tersebut, dalam websitenya Cramer mengatakan bahwa ia tidak dapat membuka detail mengenai material ini lebih banyak lagi.
Teknologi seperti ini menurutnya dapat berguna bagi pilot yang berusaha menyelamatkan diri dari wilayah musuh. Berguna juga bagi pasukan khusus yang ingin menyelinap ke daerah lawan pada siang bolong. Ia juga mengatakan bahwa teknologi ini mungkin saja bisa diterapkan untuk kendaraan besar seperti Tank. Tank tersebut nantinya dapat menyerang musuh tanpa terlihat dan hanya dapat terdeteksi oleh suara mesin dan senjatanya saja.
Klaim Cramer mengenai material tembus pandangnya tentu saja cukup mengejutkan, tapi hingga saat ini Kementerian Pertahanan Amerika belum memberikan komen atas pengakuan Cramer tersebut.
Berikut video dari CNN mengenai liputan teknologi ini:
Ranking: 5

{ 0 komen... read them below or add one }

Catat Ulasan

Arkib Blog

 
© borak kosong All Rights Reserved