Penyakit "Mengangguk" Misteri Menyebar di Uganda

on 25 Disember 2011



Penduduk di daerah utara Uganda mengalami penyakit misteri yang menyebabkan kepala mereka mengangguk secara liar saat mereka makan.
 Sementara diduga penyakit ini merupakan salah satu bentuk epilepsi yang kemungkinan masih memiliki keterkaitan dengan parasit yang menyebabkan penyakit river blindness. Apalagi banyak penderita anak-anak yang diketahui tinggal di dekat sungai.


 Dari 1000 orang yang diketahui telah terinfeksi semenjak Ogos hingga Disember, sebanyak puluhan hingga ratusan telah meninggal. Di daerah Pader saja, 66 orang anak serta remaja telah meninggal kerana penyakit misteri ini. 


Selain Pader, daerah yang paling banyak memakan korban adalah Kigum dan Gulu. Sampai saat ini, belum ditemukan obat yang cukup ampuh untuk melawan penyakit tersebut. Sementara pesakit hanya diberikan sodium valporat untuk merawat gejala yang diderita.


Penyakit ini dikhabarkan terus menyebar hingga ke daerah Yumbe yang berbatasan langsung dengan negara terbaru, Sudan Selatan.


 Keterangan: 


River blindness adalah penyakit yang disebabkan oleh cacing Onchocerca volvulus (foto cover). Cacing ini menjangkiti tubuh manusia melalui gigitan lalat yang terinfeksi. Setelah kontak dengan kulit manusia, cacing tersebut akan bersarang di dalam kulit, bereproduksi dan menyebar ke seluruh tubuh. Ketika mereka mati, reaksi imunitas alami manusia akan bereaksi secara keras, menyebabkan rasa gatal yang tak tertahankan hingga kebutaan. Rasa gatalnya bahkan mendorong beberapa penderita untuk melakukan bunuh diri. Saat ini dikhabarkan ada 18 juta orang mengalami river blindness, kebanyakan dari mereka berada di Afrika. 


 sumber: New Scientist  foto: Joubert/Phanie/Rex Features

Tuduh Suami Selingkuh, Johnna Sebar Ancaman Bom di Lapangan terbang


TRIBUNNEWS.COM - Seorang perempuan yang tinggal di California marah besar kepada suaminya. Namun, cara dia melepaskan kemarahannya pun aneh. Ia menelefon ke lapangan terbang dengan mengatakan ada bom dengan tujuan agar suaminya tidak jadi berangkat di Los Angeles International Airport. Demikian disampaikan FBI dan dikutip Sydney Morning Herald, Sabtu (24/12/2011).


Johnna Woolfolk didakwa oleh jaksa federal pada Selasa lalu dengan tuduhan memberikan informasi palsu. Ia diperkirakan akan mengakui perbuatannya dalam sidang yang akan berlangsung pada 9 Januari nanti. Hal ini dikemukakan oleh juru cakap pejabat kejaksaan AS Thom Mrozek.




Sementara, peguam Gordon Turner mengatakan jika Woolfolk, yang kini berusia 50 tahun, mengaku di depan sidang dan FBI jika dirinya yang menelefon namun kini menyedari apa yang dilakukannya salah.


Woolfolk, merawat ibunya yang sakit di rumah mereka di Lynwood, mengaku sangat tertekan. Ia menambahkan, dirinya curiga jika suami yang dinikahinya selama 30 tahun berselingkuh dan terbang ke Atlanta kerana akan menemui perempuan tersebut.


Woolfolk menelefon AirTran Airways pada 27 Novemberl alu dengan mengatakan suaminya membawa bom dan sedang menuju ke Atlanta. Sang suami kemudian dihadang di lapangan terbang dan kemudian menjelaskan jika dirinya memiliki masalah di pernikahan dan sang isteri ingin dirinya tetap tinggal di rumah.Hal ini dijelaskan FBI Special Agent David Gates.

Sextant,Alat Yang Unik Dan Canggih


Sebuah instrumen navigasi yang memiliki busur 60 darjah, untuk mengukur ketinggian bintang dan planet.


 Etimologi


 Dari sextans New Latin, sextant-, dari Sextus Latin (bagian keenam, busur instrumen adalah seperenam lingkaran), dari seks Latin (enam)


 Latin seks juga merupakan sumber kata-kata seperti semester, dari bahasa Latin (cursus) semestris (program) dari enam bulan; senary, atau terkait dengan nombor enam, sestina, suatu bentuk ayat yang meliputi enam bait-line; muzik untuk enam orang, sebuah komposisi atau sekelompok enam musisi, dan sextodecimo, ukuran halaman ketika lembar printer adalah daun dilipat ke enam belas. Sextant ini dapat menentukan sudut antara cakrawala dan benda angkasa - seperti Matahari, Bulan, atau bintang - yang digunakan dalam navigasi astronomi untuk menentukan garis lintang dan bujur.









 Ini terdiri dari busur logam, ditandai dalam darjah, dan lengan radial bergerak berputar di tengah lingkaran busur itu.Teleskop A, dipasang dengan kerangka kaku, sejajar dengan cakrawala. Lengan radial, dimana cermin dipasang, dipindahkan sampai bintang tercermin menjadi cermin setengah perak sejalan dengan teleskop dan muncul melalui teleskop, bertepatan dengan cakrawala.


 Jarak sudut bintang di atas cakrawala kemudian dibaca dari busur lulus dari sekstan tersebut. Dari sudut ini, lintang dapat ditentukan (dalam beberapa ratus meter) dengan cara tabel diterbitkan, dan dengan konsultasi dengan kronometer akurat bujur boleh ditetapkan.Diciptakan pada 1731, sextant yang menggantikan octant dan menjadi alat penting dari navigasi.

Inilah bos implan payudara yang menjadi buruan antrabangsa




TRIBUNNEWS.COM, PERANCIS - Pendiri perusahaan produksi implan payudara dari Perancis yang dianggap menimbulkan keresahan di berbagai negara mulai diburu oleh interpol. Dia pun kini menjadi buruan internasional.


Dilapor dari BBC, agen polis internasional telah memasukan identii Jean-Claude Mas, berusia 72 tahun, dicari di Costa Rica kerana melakukan kejahatan berkaitan dengan "kehidupan dan kesihatan".


Sebelumnya, Perancis menyarankan 30.000 perempuan untuk membuang implan payudara buatan Perusahaan Mas, Poly Implant Prothese (PIP)


Disebutkan tidak ada bukti implan itu dapat menyebabkan kanser tetapi berisiko mengalami kebocoran.


Bagaimanapun, pemerintah Inggris melalui badan kesihatannya menyebutkan tidak ada bukti yang mengkaitkan implan ini dengan kanser payudara. Diperkirakan sekitar 40.000 perempuan Inggris menggunakan implan payudara.


Dalam daftar buruan internasional di situs interpol, diletakkan dua foto wajah Mas. Disebutkan Mas diburu oleh pihak berkuasa Costa Rica, tanpa ada penjelasan secara terperinci.


Seorang kuasa hukum PIP mengatakan Mas berada di bahagian tenggara wilayah Var Prancis dan akan tinggal disana, seperti diberitakan Reuters, Sabtu.
Yves Haddad menambahkan Mas belum menyampaikan keterangan publik mengenai skandal itu.


Implan payudara PIP disebutkan rawan mengalami kebocoran. Sebahagian besar perempuan yang menggunakan implan payudara buatan PIP, berada di Amerika Selatan dan Eropah Barat.


Menteri Kesihatan Perancis mengatakan perempuan yang menggunakan implan payudara PIP tidak memiliki risiko lebih tinggi terkena kanser dibandingkan dengan perempuan yang menggunakan implan produksi perusahaan lain, tetapi memiliki risiko bocor.


Menteri Kesihatan Xavier Bertrand menyarankan perempuan Perancis yang menggunakan implan payudara itu, untuk mengangkatnya sebagai "tindakan pencegahan", tetapi menyebutkan langkah itu "tidak mendesak".


Operasi pengangkatan akan dibayar dari dana publik untuk kesihatan, tetapi pemerintah Prancis hanya akan membayar penggunaan implan baru jika itu merupakan bahagian dari rekonstruksi payudara yang berkaitan dengan penanganan kanker.


Jika perempuan tidak ingin diangkat implannya, maka negara akan membayar pemidaian dengan ultrasound selama enam bulan

Model yang digunakan oleh polis ini rupanya seorang pencuri



Sebahagian dari poster rekruitment polis yang tersebar di Hamburg, Jerman, terpaksa dicabut setelah seseorang mengenali wajah seorang modelnya sebagai seorang pencuri.


 Poster kempen rekruitment anggota polis yang disebar oleh polis Hamburg mendapat sorotan media. Kerana salah seorang model dalam kempennya bernilai 50 ribu euro itu dilaporkan seorang warga sebagai orang yang mencuri wangnya pada bulan Ogos lalu. 


 Tertuduh adalah salah seorang dari empat model profesional yang menjadi model anggota polis berseragam lengkap dalam poster-poster tersebut. Meskipun ia membantah segala tuduhan yang ia terima, polis bergerak cepat dengan menanggalkan sebahagian poster yang menampilkan dirinya. 


 Menurut juru bicara polis setempat Mirko Streiber, tuduhan wang yang dicuri oleh model tersebut terbilang sedikit, dan mereka saat ini sedang mencari seorang model yang baru. 


 sumber: The Local via Anorak

Lelaki Telanjang Lompat dari Ambulans Tewas Di langgar Trak





TRIBUNNEWS.COM— Petugas peronda jalan tol di California,California Highway Patrol, mengeluarkan pernyataan jika seorang lelaki telanjang tewas saat ia melompat dari ambulans yang membawanya di jalan bebas hambatan dan dilanggar trak ketika cuba melarikan diri.


Seperti diungkapkan CHP Officer John Patterson kepada The Orange County Register, Sabtu (24/12/2011), si lelaki tersebut mulai berkelakuan aneh di dalam ambulans, Jumaat (23/12/2011), saat sedang berada di jalan tol Interstate 5 di Tustin.


Pemandu ambulans kemudian berhenti di sebuah tempat dan lelaki itu tiba-tiba meloncat. Patterson mengatakan si lelaki malang itu meloncat di dinding pemisah jalanan, berlari laju di jalan tol dan di sebuah penghubung jalan. Petugas yang sedang tak bekerja berusaha menangkapnya dan menenangkannya.


Patterson menjelaskan, lelaki itu berhasil lepas dari tangkapan dan melompat di depan trak yang sedang melintas dan langsung menewaskan dirinya. Nama lelaki ini tak disiarkan.




Lelaki ini Obsessive terhadap sampah


Lelaki bernama Richard Wallace (61) tinggal sebuah desa bernama Westcott, Surrey, Inggris memiliki hobi aneh, yakni mengumpulkan barang apapun. Hobi ini dilakukannya sejak sekolah menengah. Namun, kegemaran Wallace mengumpulkan barang ini mulai berlebihan sejak kematian ayahnya pada tahun 1976 dan semakin bertambah parah ketika ibunya meninggal pada tahun 2005 lalu.


Wallace seringkali tidak sanggup membuang barang-barang yang ada di rumahnya. Semua benda-benda, mulai dari botol minuman, tin bekas, surat khabar, hingga rangka kereta dibiarkan berserakan di halaman rumahnya. Bahkan ada beberapa yang juga ditimbun di dalam rumah.


Tercatat ada sekitar tumpukan 25 ribu surat khabar yang diletakkan begitu saja di dalam rumah. Kemudian ada juga rangka enam kereta yang terdiri dari 3 buah keretaJaguar, sebuah kereta Audi dan 2 buah kereta Wolseleys. Barang-barang diletakkan begitu saja dengan plastik sampah berisi kaleng dan botol bekas, kursi rusak, wastafel bekas, dan sebagainya.


Semua benda-benda tersebut tentu saja dipenuhi lumut kerana dibiarkan begitu saja selama bertahun-tahun. Boleh dibayangkan juga bagaimana bau sampah-sampah yang tertimbun lama tersebut.


Seperti dilansir Daily Mail, Rabu (21/12/2011).Hobi aneh Wallace ini pun membuat kemarahan tetangganya. Hingga pada tahun 2009, ada saman terhadap dirinya ke pengadilan dan memintanya untuk membersihkan sampah-sampah tersebut. Wallace tidak menghiraukan saman ini dan berargumen bahawa itu merupakan hak asasinya untuk menyimpan barang. Wallace pun memenangkan kes saman ini.


Namun, selang 22 bulan sejak kemenangannya tersebut, Wallace akhirnya menyedari bahawa hobinya tersebut merugikan orang lain. Ia pun memutuskan untuk membersihkan seluruh sampah yang ada di rumahnya.


“Ini sudah mencapai titik di mana saya tidak boleh tahan lagi.. Ini bukan hidup. Ini hanya kehadiran semata. Seseorang mengatakan kepada saya suatu hari Apakah saya hidup di sini? Saya berkata: Tidak. Saya hanya hadir di sini. Ada sebuah perbezaan tipis. Sebuah pelajaran bagi siapapun untuk tidak mengumpulkan barang secara berlebihan, tidak. Ini sangat tidak layak bukan? Ini juga tidak masuk akal,” ujar Wallace.


Dengan dibantu tetangganya, Wallace pun membersihkan sampah yang ada di halaman mahupun di dalam rumahnya. Bahkan saat ini Wallace tengah menata hidupnya kembali dan dia juga berjanji untuk berkonsultasi dengan psikiater secara rutin. Bahkan, akhirnya dia memotong rambutnya untuk pertama kali dalam beberapa tahun terakhir.


“Ini benar-benar mengejutkan. Sekarang semuanya terlihat lapang, saya boleh melihat kebodohan saya di masa lalu, ini memang keadaan medik, yang disebut sebagai perilaku penimbunan, ini masalah psikologis,” tutur Wallace.


“Saya fikir orang boleh berubah dalam semalam. Semua harus terjadi secara bertahap. Saya akan memulai kembali dari satu titik dan kemudian melanjutkan kembali hidup saya,” imbuhnya.


Cerita tentang Wallace ini didokumentasikan oleh stesen televisyen lokal, Channel 4 dan diberi judul Obsessive Compulsive Hoarder.

Warga emas ditemui mati selepas jemput isteri muda


MELAKA - Seorang lelaki warga emas ditemui mati di dalam sebuah kereta dengan keadaannya berbogel di Jalan Tun Kudu, Bukit Katil di sini selepas menjemput isteri muda pulang dari tempat kerjanya awal pagi semalam.


Abd. Rahman Adam(gambar kecil), 56, ditemui mati di tempat duduk penumpang hadapan kereta jenis Perodua Viva dengan pakaiannya berlonggok di atas lantai tempat duduk pemandu.


Menurut sumber, sebelum dijumpai pada kira-kira pukul 6 pagi itu, mangsa menjemput isteri keduanya yang dikenali sebagai Norliza Saidon, 47, dari tempat dia bekerja di Taman Melaka Raya.

Tatu di Bali didakwa punca jangkitan AIDS




BALI, Indonesia - Pelancong asing diberi amaran agar mengelak daripada mencacah tatu di pulau ini selepas seorang penduduk Australia Barat (WA) dijangkiti virus sindrom kurang daya tahan penyakit (AIDS), lapor sebuah akhbar semalam.


Jabatan Kesihatan Australia Barat menyatakan di laman webnya bahawa semua bukti menunjukkan tatu yang diperoleh di sini baru-baru ini menjadi punca jangkitan tersebut.


Pengarah Kawalan Penyakit Berjangkit, Dr. Paul Armstrong berkata, mencacah tatu dan bertindik di luar negara terutamanya di negara-negara membangun adalah berisiko dan merbahaya.


"Kes ini membuktikan bahawa seseorang berdepan risiko kesihatan apabila menjalani prosedur seperti ini di luar negara," katanya.


Menurutnya, tidak seperti di beberapa buah tempat di seberang laut, pelukis tatu di WA perlu mematuhi peraturan dan kod amalan yang ketat.


Justeru, beliau menasihati warga Australia yang pernah mendapatkan tatu di sini baru-baru ini agar menjalani pemeriksaan kesihatan dan ujian HIV. - Agensi


sumber : kosmo online

Lelaki pukul bidan yang membuka purdah yang dipakai isterinya ketika melahirkan anak


PARIS - Seorang lelaki terpaksa duduk di penjara Perancis, setelah memukuli bidan yang hendak membuka purdah  yang dipakai isterinya. Insiden terjadi saat bidan itu hendak memeriksa kesihatan isterinya. 


Nassim Mimoune, sebelumnya dilarang untuk masuk ke dalam ruangan pemeriksaan di Hospital Marseille. Dirinya menyebut seorang bidan perempuan yang hendak melakukan pemeriksaan kandungan dari isterinya. Demikian diberitakan Fox News, Sabtu (24/12/2011).


Isterinya yang tengah dalam keadaan kesakitan selama dua hari, memohon agar suaminya mengizinkan pemeriksaan dilakukan. Tetapi, lelaki berusia 24 tahun mengancam akan menceraikan sang isteri bila pemeriksaan dilanjutkan. 


Saat bayinya mulai lahir, Mimoune kemudian dibawa ke ruangan lain untuk melihat kelahiran anaknya. Namun, dirinya langsung marah besar saat melihat bidan berusaha membuka purdah yang dipakai isterinya.


Kemudian dia lari ke dalam ruangan persalinan dan menendang pintu yang di kunci dan langsung melayangkan pukulan kepada bidan itu. Pekerja bangunan dari Paris itu pun menyuruh sang bidan untuk memasang kembali purdah yang digunakan isterinya.


Akhirnya, pihak hospital pun melaporkan kejadian ke pihak polis. Dirinya ditangkap dan didakwa melakukan tindakan kekerasan. Padahal saat itu, isterinya tengah berjuang untuk melahirkan seorang anak laki-laki dengan sihat.


Polis pun memberikan hukuman penjara enam bulan terhadap Mimoune. Pihak pengadilan menganggap Mimoune terlalu menganggap tinggi dogma agamanya di atas hukum Perancis. Hal ini dianggap melanggar hukum Perancis.


Mimounes pun meminta maaf di ruang pengadilan. dirinya pun mengakui perbuatannya telah membahaykan anaknya yang belum lahir saat itu.
(faj)

Waduh, Dua Nenek Mengaku Ditelanjangi di Lapangan Terbang AS


Dua nenek usia 80-an mengungkapkan tindakan memalukan dan tidak nyaman yang mereka alami ketika menjalani pemeriksaan di Lapangan Terbang Antabangsa John F Kennedy, Amerika Syarikat. Mereka mengaku ditelanjangi dalam pemeriksaan tersebut.


Dikutip dari Washington Post, , salah seorang dari nenek malang tersebut adalah Ruth Sherman, 88 tahun. Dia mengaku diperintahkan untuk membuka pakaiannya setelah petugas mencurigai tonjolan di perutnya.


Sherman menolak dan mengatakan bahawa tonjolan tersebut adalah kolostomi (kantung usus yang berada di luar perut, untuk yang sulit buang air melalui anus) dan terasa sakit bila disentuh. Namun alasan ini tidak ditanggapi dan Sherman digiring menuju ruang terpisah dan tetap ditelanjangi.


Menjalani pemeriksaan, dia harus mengangkat tangannya dan meregangkan kakinya. Kendati diperiksa oleh petugas wanita, Sherman mengaku telah dipermalukan. "Ini penghinaan, rasanya seperti diperkosa. Para petugas itu sama sekali tidak tahu bagaimana memperlakukan seorang manusia," kata nenek ini.


Sehari setelahnya, kejadian serupa juga dialami oleh Lenore Zimmerman, 85, yang menolak melewati mesin pemindai keraa memakai alat pacu jantung. Oleh petugas, Lenore juga digiring ke ruang khusus untuk diperiksa.


Di ruangan ini, Lenore juga diharuskan membuka pakaian dalam dan celananya. Untuk membuka pakaian Lenore, petugas harus membuatnya menunduk. Penyangga tulang belakangnya juga harus dilepaskan untuk diperiksa apakah mengandung bahagian yang berbahaya.


"Membuka seluar dan pakaian dalamnya sudah lebih para dari sekadar penghinaan," kata anak lelaki Lenore, Bruce Zimmerman.


Pihak lapangan terbang mengaku telah meminta maaf secara langsung kepada kedua wanita tersebut. Namun, mereka membantah telah menelanjangi mereka.  "Kami telah menghubungi dan meminta maaf telah membuat mereka tidak nyaman. Tapi menurut protokol kami, tidak ada penelanjangan penumpang," kata juru cakap lapangan terbang dikutip dari Chicago Tribune.


 Sumber : vivanews.com

[PARAH]..Patah Waktu Masturbasi, Timun tertinggal di Kemaluan


Seorang wanita remaja berusia belasan tahun dikhabarkan dilarikan ke hospital di Tanjungpinang. Di dalam kemaluan gadis itu disebut tertinggal potongan timun setelah dia melakukan masturbasi.


 Tapi, informasi tersebut belum boleh dibuktikan kebenarannya. Informasi yang diterima, gadis tersebut dirujuk dari Puskesmas yang ada di Ranai setelah timun yang dia gunakan untuk masturbasi, patah dan tertinggal di dalam kemaluan si gadis, Khamis lalu.


 Penyiasatan yang di lakukan di dua hospital yang ada di Tanjungpinang, tidak ditemukan Juwita, nama remaja berusia 17 tahun yang katanya mengalami peristiwa tragik itu. Baik di RSAL Midiyato mahupun di RSUD Tanjungpinang, tidak terdapat pesakit bernama itu.


 Isu soal tertinggalnya timun dalam kemaluan gadis tersebut, santer dan menjadi pembicaraan hangat di kalangan masyarakat Ranai, Natuna. Khabar itu bahkan menjadi buruan liputan bagi wartawan yang ada di sana.


 Icha, wartawati Natuna Tv misalnya. Ketika dihubungi, Minggu kelmarin, dia mengaku mendapat informasi itu beberapa hari lalu. Katanya, kejadian menghebohkan sudah berlangsung cukup lama, sebulan yang lalu.


 “Informasinya simpang siur,” kata Icha.


 Berita yang dia dapat ada dua versi. Versi pertama menyebut, gadis yang katanya tinggal di Bunguran Tengah Ranai itu melakukan masturbasi dengan menggunakan timun. Buah timun itu kemudian patah, dan tertinggal di dalam kemaluan. Si gadis lantas dilarikan ke puskesmas yang adai di Ranai, dan kemudian dirujuk ke hospital yang ada di Tanjungpinang lantaran tak sanggup memberikan penanganan.


 Versi ke dua, kejadian itu berlangsung atas peranan kekasih sang gadis. Setelah melakukan hubungan badan dengan kekasihnya, si gadis kemudian takut hamil. Sampai akhirnya tercetus idea dari sang pacar untuk melakukan tindakan yang diharapkan tidak terjadi pembuahan dalam rahim.
 Lalu sang kekasih mengusulkan menggunakan buah timun. Buah berbentuk bulat lonjong itu lantas dibentuk menyerupai kelamin lelaki yang selanjutnya dimasukkan ke kemaluan si gadis. Waktu berada di dalam dan akan mencabutnya, 'kemaluan' itu patah.


 “Tapi sampai sekarang belum diketahui kebenarannya,” kata Icha.


 Wartawati Natuna Tv ini bahkan tidak mengetahui pasti status pelajar gadis tersebut. Katanya, ada informasi yang mengatakan gadis itu berstatus pelajar SMP. Tapi ada pula yang menyebut dia duduk di bangku sekolah menengah atas.

Arkib Blog

 
© borak kosong All Rights Reserved