Inilah Situs Pertama di Dunia

on 07 Ogos 2011


INILAH.COM, Jakarta – Sabtu (6/8) ini menandakan 20 tahun ulang tahun situs web pertama yang pernah diciptakan, yakni pada 6 Ogos 1991. Situs ini merupakan karya pasukan dari CERN.

Pasukan teknisk CERN yang dipimpin Sir Tim Berners-Lee bekerja menyediakan contoh potensial pertama World Wide Web (www). Meski tak ada salinan asli situs ini, versi terbaru situs ini biboleh diakses disini dan untuk laman web pertamanya disini.

Saat itu, Berners-Lee muncul dengan dua idea mendasar, HTML (hypertext markup language) dan HTTP (hypertext transfer protocol). Setelahnya seperti ditulis CERN, ia membuat web-nya sendiri menggunakan komputer NeXT sebagai server.

Selain itu, ia juga mengkodekan browser pertama yang berfungsi ganda sebagai editor HTML pertama. Lebih penting lagi, ia dan rekaan Robert Cailliau muncul dengan nama WWW. Selanjutnya, seperti kata sejarah, browser universal yang boleh beroperasi di segala komputer dilancarkan.

Kemudian, pada Februari 1993, versi asli Mosaic, browser web asli pertama, dirilis National Center for Supercomputing Applications (NSCA). Browser ini dikembangkan Marc Andreessen yang kemudian mengembangkan Nerscape dan menjadi templat kebanyakan browser yang dirilis dua dekad ini.
Ranking: 5

{ 0 komen... read them below or add one }

Catat Ulasan

Arkib Blog

 
© borak kosong All Rights Reserved